SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Posted: 14 Oktober 2010 in Softskill

Sistem informasi Akuntansi adalah serangkaian prosedur mengumpulkan data, memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan menjadi informasi dan didistribusikan ke para pengguna sehingga dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan sehingga bisa dilakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi/perusahaan. Setiap organisasi menggantungkan diri pada sistem informasi untuk mempertahankan kemampuan berkompetisi.

SIA terdiri dari lima komponen:

1. Orang-orang,

2. Prosedur-prosedur,

3. Data,

4. Software (perangkat lunak),

5. Infrastruktur teknologi informasi.

Kelima komponen ini secara bersama-sama memungkinkan suatu SIA memenuhi tiga fungsi pentingnya dalam organisasi, yaitu:

1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas dan transaksi-transaksi yang dilaksanakan oleh organisasi.

2. Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga harta organisasi.

Di dalam standar akuntansi keuangan tersebut juga disebutkan bahwa tujuan utama akuntansi adalah untuk menyediakan informasi yang berguna bagi para pengambil keputusan.

Sepuluh kegiatan kerja yang paling penting yang dilakukan oleh para Akuntan :

1. Sistem akuntansi dan pelaporan keuangan

2. Perencanaan strategis jangka panjang

3. Mengelola fungsi akuntansi dan keuangan

4. Konsultasi internal

5. Anggaran jangka pendek

6. Analisis keuangan dan ekonomi

7. Perbaikan proses

8. Sistem dan operasional

9. Evaluasi kinerja (dari organisasi)

10. Analisis pelanggan dan profitabilitas produk

SIA dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara :

– Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa.

– Memperbaiki efisiensi.

– Memperbaiki pengambilan keputusan.

– Berbagi pengetahuan.

SIA yang dirancang dengan baik juga dapat membantu meningkatkan laba organisasi dengan memperbaiki efisiensi dan efektifitas rantai persediaannya.

Tugas Lengkap dalam format Powerpoint, klik disini.

Sumber : Google

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s